Sabtu, 20 Mei 2017

Ketika Lelah Berfikir, Istighfar Saja

Istighfar

Kita sering dihadapkan pada masalah. Kita sudah tafakkur, kita sudah mencoba menempuh berbagai jalan untuk menyelesaikan masalah ini dan tetap saja buntu. Seorang ulama memberi nasihat, "Pada saat itu barangkali yang kamu perlukan bukan tafakkur; yang kamu perlukan adalah istighfar."

Ada begitu banyak masalah di dunia ini yang oleh Allah dibukakan jalan keluarnya dengan istighfar kita, bukan dengan tafakkur kita, karena istighfar ini adalah membersihkan dosa-dosa kita. Karena istighfar ini mengakui kerendahan kita di depan Allah SWT. Karena dengan istighfar ini segala yang tersumbat menjadi terbuka. Rizqi yang tersumbat terbuka jalannya oleh istighfar. Do'a yang tersumbat ketika hendak menuju Allah terbuka jalannya melalui istighfar.

Maka ketika suatu saat kita punya masalah yang berat, yang susah, yang rumit, yang pelik, kadang-kadang memang kita perlu mengerahkan daya upaya kita untuk tafakkur. Tetapi jangan lupakan satu hal: istighfar. Dia membuka berbagai pintu yang tidak bisa dibuka hanya dengan tafakkur.

Oleh : Ust. Salim A. Fillah


EmoticonEmoticon